Minggu, 23 September 2012

Tips Menyampaikan Pendapat Kepada Atasan

Semua orang ingin menjadi bos. Itu pasti. Entah sebagai bos di dalam perusahaan besar atau menjadi bos di dalam usaha kecil miliknya sendiri. Tapi kita tahu, tidak semua orang bisa mencapainya. Ada kalanya seseorang justru harus menerima kenyataan menjadi seorang karyawan dan bawahan bagi bosnya.


Apakah anda termasuk sebagai salah satunya? Tenang, menjadi karyawan bukanlah akhir dari segalanya. Selama kita ulet, kita akan bisa naik jabatan. Dan salah satu cara untuk naik jabatan adalah jika ide-ide brilian kita dilakukan oleh perusahaan.

Masalahnya, kadang kita tidak dapat menyampaikan ide hebat kita itu kepada bos. Kemampuan komunikasi yang kurang menjadi kendala utamanya. Karena itulah tulisan ini akan mencoba memberikan bantuan kepada anda untuk mengkomunikasikan ide anda. Inilah tips menyampaikan pendapat kepada atasan.

Tahu waktu yang tepat.
Waktu yang tepat bukan hanya pada waktu rapat dan meeting saja. Gunakan saat-saat bos melakukan hobinya untuk kemudian kita beri masukan ide kita. Mengapa begitu? Karena saat bos melakukan hobinya, perasaannya pasti senang, dan saat itu pikirannya sedang terbuka untuk ide-ide baru. Berbeda dengan saat bos pusing di kantor, ada kemungkinan dia akan menutup diri dari pendapat bawahannya. Saat-saat seperti itu harus kita hindari. Jadi waktu yang tepat itu bisa kita perkirakan dengan melihat suasana hati si bos. Ingat itu. Suasana hati si bos sangat mempengaruhi diterima atau tidaknya ide kita.

Persiapkan data yang mendukung ide kita
Ide yang bagus adalah ide yang muncul berdasarkan data dan fakta yang tepat. Jangan ungkapkan ide itu jika kita belum memiliki data atau analisis mengenai suatu kasus yang berhubungan langsung dengan ide kita. Karena itu, akan lebih baik jika kita menyertakan data-data pendukung untuk ide kita. Tidak ada salahnya minta pendapat teman kerja, tapi jangan terlalu polos, bisa-bisa ide kita justru dicuri oleh teman kita itu.

Tunjukan rasa percaya diri yang tidak berlebihan
Dalam menyampaikan ide, kita harus percaya diri dan yakin jika ide itu akan diterima. Tanpa rasa percaya diri saat menyampaikan ide, sudah pasti ide yang hebat tidak akan tersampaikan sepenuhnya. Tapi ingat, anda harus ingat posisi anda, jangan sampai rasa percaya diri anda justru membuat bos tidak nyaman. Bos adalah atasan anda yang selalu ingin dihormati. Karena hormatilah dia dan mintalah pendapatnya. Dengan meminta pendapat itu berarti anda menghargai si bos sebagai atasan anda.
Rasa percaya diri juga berarti anda harus siap jika ide anda diterima. Biasanya jika ide diterima, anda akan diminta untuk mengeksekusinya. Pastikan diri anda mampu melakukannya, karena jika tidak, anda justru akan direndahkan oleh bos anda. Ingat-ingat resiko dari menyampaikan ide itu.

Itulah beberapa tips menyampaikan pendapat kepada atasan. Selamat jika ide anda diterima, jika belum diterima jangan menyerah! Selalu ada peluang untuk menjadi lebih baik di kantor!

0 komentar:

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster