Sabtu, 15 September 2012

11 Tipe Kepribadian Dalam Rapat/Meeting Menurut Jim Dornan dan John C. Maxwell

Di dalam setiap meeting/rapat, komunikasi yang berjalan dengan baik menjadi kunci tercapainya tujuan rapat/meeting. Untuk dapat menjalin komunikasi yang baik, selain kemampuan berkomunikasi yang hebat dari pemimpin rapat, juga dibutuhkan sesuatu yang lebih. Apakah itu? Ya, kita harus tahu karakteristik orang-orang yang ada di dalam rapat kita. Dengan mengetahui karakteristik / kepribadian orang-orang di dalam rapat, maka konflik akan dapat dikurangi. Artinya, komunikasi berjalan dengan baik, dan tujuan rapat/meeting akan tercapai. Karena itu, maka  ijinkanlah kami untuk berbagi tentang 11 Tipe Kepribadian Dalam Rapat/Meeting Menurut Jim Dornan dan John C. Maxwell. 


1. The Eager Beaver

Orang ini tipe cekatan dan suka menolong. Biasanya orang jenis ini tergolong heboh dan interaktif. Dia akan selalu punya pendapat terhadap setiap masalah. Tipe orang yang senang mendominasi. Kelemahannya adalah, dia sering berlama-lama jika bicara, orang lain jadi tak punya kesempatan untuk bicara. Apalagi jika waktu yang tersedia untuk meeting terbatas dan sempit, orang ini bisa menjadi masalah. Jika anda adalah pemimpin rapat, tidak perlu takut untuk memotong pembicaraannya. Berikan kesempatan yang lain untuk bicara. Potong pembicaraannya dengan cara yang sopan. Dan untuk menghormati, beri dia kesempatan membuat kesimpulan di akhir acara.

2. The Immovable Object

Orang tipe ini bisa dibilang keras kepala. Dia seperti pot / guci / batu yang tidak bisa dipindahkan. Jika dia sudah punya pendirian dan pendapat, akan sulit bagi anda untuk mengubahnya. Sebenarnya tidak masalah kalau pendapatnya benar dan disetujui oleh sebagian besar anggota rapat, tapi kalau tidak? Tentu anda harus mengahadapinya dengan cara yang cerdas. Pertama, mintalah pendapat peserta rapat lain yang akan menunjukan kalau si Immovable object ini adalah pihak minoritas dan pendapatnya tidak disetujui. Kalau itu sudah dilakukan dan tidak berhasil. Maka bilanglah kepada dia untuk bicara di luar forum nantinya. Katakan dengan jelas kepada dia, kalau dia tidak segera mengalah dan menyetujui rapat sekarang, rapatnya tidak akan selesai-selesai. Semoga berhasil mengahadapi orang seperti ini.

3. The Indiscriminate Agree 

Bisa dibilang ini adalah tipe paling sederhana di dalam rapat. Dia akan selalu setuju kepada apapun pendapat anda dan tidak akan berdebat. Orang macam ini bisa saja karena dia pemalu, atau karena dia sama sekali tidak berpikir. Jangan jadikan persetujuan dari orang tipe ini sebagai bahan anda mengambil keputusan. Mintalah pendapat orang lain.

4. The Indiscriminate Arguer 

Orang tipe ini biasanya adalah orang yang selalu ingin debat dan beda pendapat. Cukup mirip dengan the immovable object, tapi orang ini lebih dapat menerima fakta dan siap berubah kalau ternyata memang dia salah. Namun yang cukup susah adalah jika ada dua orang atau lebih orang semacam ini di dalam forum. Perlu kekuatan dan keberanian ekstra untuk dapat menenangkan mereka.

5. The Inarticulate Talker

Orang ini jarang berbicara, tapi sebenarnya dia memiliki pendapat yang bagus. Dia seringkali kesulitan mengutarakan idenya, untuk dapat memancingnya, sering-seringlah membahasakan ulang permasalahan yang anda utarakan.

6. The Side Conversionalist

Orang ini biasanya dianggap tidak menyenangkan oleh pemimpin rapat. Dia sering berbicara dengan orang lain di dalam forum yang tidak ada kaitannya dengan forum sama sekali. Hal ini tentulah sangat mengganggu rapat. Jika anda adalah orang yang sedang berbicara di depan forum, berilah dia pertanyaan agar orang ini dapat kembali fokus ke depan. Atau juga bisa dengan memintanya mengulang apa yang baru saja dibahas tapi dengan cara yang tidak mempermalukannya.

7. The Rambler

Orang macam ini adalah orang yang suka menyimpang dari pembahasan. Sebenarnya ide yang ditawarkannya bagus, tapi sama sekali tidak sesuai dengan topik yang dibahas. Jika anda membiarkannya terlalu lama, hal itu bisa mengganggu konsentrasi peserta rapat yang lain. Segera ambil alih kendali dari dia, berikan dia senyuman lalu dengan suara yang berwibawa namun tidak menghina, katakan "sepertinya kita sedikit menyimpang dari tema" Dan segera kembalikan pembahasan kembali pada jalur yang benar.

8. The Silent One

Orang tipe ini adalah orang yang diam sepanjang rapat. Ada beberapa alasan yang bisa menjadikannya seperti itu. Dia bisa pemalu, tidak nyaman, tidak peduli, atau justru karena merasa lebih baik dari yang lain. Untuk memancing orang seperti ini, kita harus memberikan pertanyaan menarik dan menantang bagi dirinya. Jika dia termasuk orang yang pemalu, maka setelah dia memberikan pendapat, berikanlah ucapan terimakasih.

9. The Inattentive One

Orang ini adalah orang yang suka melamun di dalam rapat. Tubuhnya ada di dalam ruangan, tapi pikirannya tidak. Untuk mengatasinya, berilah dia pertanyaan yang pasti bisa dia jawab, atau suruh dia memberikan kesimpulan dari pembahasan yang baru saja dilakukan.

10. The Gripper

Ini adalah tipe orang yang suka menarik perhatian dengan mengeluh atau berbicara kasar. Keberadaannya dapat mematikan semangat anggota tim lain. Pastikan kepadanya bahwa permasalahan pribadi dapat diselesaikan setelah rapat. Tunjukan pada dia dan peserta rapat kalau anda adalah orang yang berkuasa di dalam rapat.

11. The Dampener

Ini juga tipe yang tidak akan disukai oleh pemimpin rapat. Dia akan menemukan hal negatif dari setiap ide. Tipe yang fokus pada masalah. Untuk menghadapinya, mintalah solusi dari dia. Jika dia memberikan solusi yang memang lebih baik terimalah. Jika tidak, maka anda memiliki nilai tawar yang tinggi untuk tidak mendengarkan kritiknya.

Itulah 11 Tipe Kepribadian Dalam Rapat/Meeting Menurut Jim Dornan dan John C. Maxwell. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster