Minggu, 10 Januari 2010

Mengatur Jalan Pikiran Pidato (tambahan)

Setelah kita membahas tentang bagaimana mengatur jalan pikiran pidato, kini kita beranjak pada fase selanjutnya. Namun pada fase ini, kita akan hanya sedikit menambah pengetahuan kita tentang hal yang masih erkaitan dengan posting sebelumnya. Dan saya rasa tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita bahas beberapa tambahan tentang mengatur jalan pikiran pidato yang ada 6 jenis. Yaitu :

1. Pola struktur dan fungsi
Berguna untuk pidato yang sifatnya infromatif, di mana anda ingin mendiskusikan bagaimana aaspek structural dan fungsional dari struktur tersebut.

2. Pola perbandingan dan kontras
Berguna pula untuk pidato yang sifatnya infromatif, dimana anda ingin menganalisis dua hal atau lebih dengan membandingkan kesamaan dan perbedaannya.

3. Pola pro dan kontra
Berguna untuk pidato yang sifatnya juga informative, di mana anda ingin menjelaskan secara objektif apa manfaat dan ketidak manfaatan suatu hal.

4. Pola klaim dan bukti
Berguna untuk pidato yang sifatnya persuasive, dimana anda ingin membuktikan kebenaran dan manfaat dari proposisi yang anda sampaikan. Pidato anda setidaknya terdiri dari dua bagian, bagian pertama menjelaskan klaim anda dan pada bagian kedua Anda menunjukkan bukti bahwa klaim Anda benar.

5. Pola ragam definisi
Berguna pada pidato informative untuk menjelaskan suatu konsep tertentu. Anda dapat menyajikan tipe ragam definisi atau cara dalam melihat konsep tersebut.

6. Pola jurnalistik (5W+1H)
Berguna untuk pidato informative ketika akan melaporkan atau menjelaskan suatu peristiwa.


Source : Modul Public Speaking ilmu komunikasi fisipol UGM, 2008.

baca artikel ini dalam versi english.

0 komentar:

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster