Selasa, 22 November 2011

Attribution Theory

Menjelaskan perilaku manusia.

Sejarah dan Orientasi

Heider (1958) adalah orang pertama yang mengajukan teori psikologis atribusi, namun Weiner dan rekan (misalnya, Jones et al, 1972; Weiner, 1974, 1986) mengembangkan sebuah kerangka teori yang telah menjadi sebuah paradigma penelitian utama psikologi sosial. Heider mendiskusikan apa yang disebut "naif" atau "akal sehat" psikologi. Dalam pandangannya, orang-orang seperti ilmuwan amatir, mencoba untuk memahami perilaku orang lain dengan mengumpulkan informasi sampai mereka tiba di sebuah penjelasan yang masuk akal atau menyebabkan.

Asumsi inti dan Laporan

Teori atribusi berkaitan dengan bagaimana individu menginterpretasikan peristiwa-peristiwa dan bagaimana ini berkaitan dengan pemikiran mereka dan perilaku. Teori Atribusi mengasumsikan bahwa orang mencoba untuk menentukan mengapa orang melakukan apa yang mereka lakukan. Seseorang berusaha untuk memahami mengapa orang lain melakukan sesuatu yang mungkin satu atau lebih atribut menyebabkan perilaku itu. Menurut Heider seseorang dapat membuat dua atribusi 1) atribusi internal, kesimpulan bahwa seseorang berperilaku dalam cara tertentu karena sesuatu tentang orang, seperti sikap, karakter atau kepribadian. 2) atribusi eksternal, kesimpulan bahwa seseorang berperilaku dengan cara tertentu karena sesuatu tentang situasi dia masuk

Atribusi kami juga secara signifikan didorong oleh drive kita emosional dan motivasional. Menyalahkan orang lain dan menghindari tuduhan pribadi sangat nyata melayani diri sendiri atribusi. Kami juga akan membuat atribusi untuk membela apa yang kita rasakan sebagai serangan. Kami akan menunjukkan ketidakadilan di dunia yang tidak adil. Kami bahkan akan cenderung menyalahkan korban (dari kita dan orang lain) untuk nasib mereka karena kami berusaha untuk menjauhkan diri dari pikiran-pikiran dari penderitaan penderitaan yang sama. Kita juga akan cenderung menganggap variabilitas kurang untuk orang lain selain diri kita sendiri, melihat diri sebagai yang lebih beragam dan kurang dapat diprediksi daripada yang lain. Hal ini mungkin juga karena kita dapat melihat lebih dari apa yang di dalam diri kita (dan menghabiskan lebih banyak waktu melakukan hal ini).

Model Konseptual

Tidak berlaku.

Metode favorit

Berbagai metode telah digunakan dalam pengukuran dan kategorisasi atribusi. Terbuka melibatkan metode kategorisasi peneliti balasan oral peserta untuk pertanyaan terbuka. Metode skor Berasal memerlukan peserta untuk menilai / nya alasan untuk, misalnya, keberhasilan atau kegagalan pada skala 5-titik untuk elemen yang berbeda (misalnya kemampuan atau usaha) yang terkait dengan dimensi atribusi. Metode Peringkat langsung (misalnya [Benson, 1989), mengharuskan peserta untuk menyatakan / nya alasan untuk acara tersebut dan kemudian peta alasan-alasan tersebut ke item mengacu pada dimensi atribusi.

Ruang Lingkup dan Aplikasi

Atribusi Teori telah digunakan untuk menjelaskan perbedaan dalam motivasi berprestasi antara tinggi dan rendah. Menurut teori atribusi, berprestasi tinggi akan mendekati daripada menghindari tugas-tugas terkait untuk berhasil, karena mereka percaya bahwa kesuksesan adalah karena kemampuan yang tinggi dan usaha yang mereka yakin. Kegagalan dianggap disebabkan oleh nasib buruk atau ujian yang miskin dan bukan kesalahan mereka. Jadi, kegagalan tidak mempengaruhi harga diri mereka tetapi sukses membangun kebanggaan dan kepercayaan diri. Di sisi lain, berprestasi rendah menghindari tugas yang berhubungan dengan keberhasilan karena mereka cenderung untuk (a) meragukan kemampuan mereka dan / atau (b) menganggap kesuksesan adalah berkaitan dengan keberuntungan atau untuk "siapa yang Anda tahu" atau faktor-faktor lain di luar kendali mereka. Jadi, bahkan ketika sukses, adalah tidak bermanfaat untuk yang berprestasi rendah karena dia / dia tidak merasa bertanggung jawab, tidak meningkatkan harga / nya dan kepercayaan diri.

Contoh

Jika, misalnya, pelari sudah pengeluaran upaya yang tinggi, tetapi gagal mencapai balapan terakhir, kemudian mendorong dia untuk atribut kegagalan untuk kurangnya upaya mungkin hanya menakut-nakuti dia (lihat, misalnya [Robinson, 1990). Jika standar kualifikasi itu terlalu sulit untuk bertemu, kemudian mendorong atribusi kurangnya upaya mungkin melayani tujuan kecil, karena upaya peningkatan mungkin akan melakukan sedikit untuk meningkatkan hasil. Jika strategi balap yang salah digunakan, maka upaya peningkatan tidak akan logis mengarah ke hasil yang lebih baik, jika strategi yang sama digunakan di masa depan.

Referensi

Kunci publikasi

Aronson, E., Wilson, T.D. & Akert, R.M. (2003). Psikologi Sosial. Atas Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Daly, Dennis. (1996). Teori atribusi dan Plafon Kaca: Pengembangan Karir Karyawan antara Federal. Publik Administrasi & Manajemen: Sebuah Jurnal interaktif

[Http://www.hbg.psu.edu/faculty/jxr11/glass1sp.html]

Heider, F. (1958). Psikologi Hubungan Interpersonal. New York: Wiley.

Jones, EE, DE Kannouse, HH Kelley, RE Nisbett, S. Valins, dan B. Weiner, Eds. (1972). Atribusi: Pasrah Penyebab Perilaku. Morristown, NJ: Umum Tekan Belajar.

Harvey, J.H. & Lelah, G. (1985). Atribusi: Isu Dasar dan Aplikasi, Academic Press, San Diego.

Lewis, F. M. dan Daltroy, L. H. (1990). "Bagaimana Pengaruh kausal Penjelasan Perilaku Kesehatan: Teori Attribution." Dalam Glanz, K., Lewis, F.M. dan Rimer, B.K. (Eds.) Pendidikan Kesehatan dan Perilaku Kesehatan: Teori, Penelitian. dan Praktek. San Francisco, CA: Jossey-Bass Publishers, Inc

Weiner, B. (1974). Motivasi berprestasi dan teori atribusi. Morristown, N.J.: Umum Tekan Belajar.

Weiner, B. (1980). Motivasi manusia. NY: Holt, Rinehart & Winston.

Weiner, B. (1986). Sebuah teori atribusi motivasi dan emosi. New York: Springer-Verlag.

0 komentar:

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster