Rabu, 20 Januari 2010

Konsep

Setelah kita membahas mengenai pembuatan tema, maka sekarang ada baiknya jika kita mulai membuat apa yang disebut konsep. Mengapa begitu? Karena konsep sangat penting di dalam komunikasi. Tanpa komsep yang jelas, kita tidak akan berhasil menyampaikan pesan sesuai seperti yang kita inginkan. Karena itulah, konsep sangat penting. Lalu, apakah sebenarnya konsep itu?

Kerangka garis besar pidato adalah cetakan alami untuk pidato anda yang terdiri dari elemen-elemen pidato, satu sama lain saling berhubungan. Dengan kerangka garis besar itu, Anda dapat melihat sekilas semua elemen pidato yang akan Anda sampaikan kepada audiens. Ini akan membantu Anda mencermati kelemahan yang sukar terdeteksi. Ketika Anda mulai membuat kerangka garis besar, berarti Anda mulai mengkonstruksi sebuah pidato. Jangan menunggu sampai Anda mendapatkan seluruh bahan. Anda dapat mulai membuat kerangka garis besar bersamaan dengan ketika Anda mengoleksi, megorganisasi, dan meodifikasi bahan pidato. Dengan begitu Anda akan mampu mengambil manfaat utama dari pembuatan kerangka garis besar, seperti di mana kira-kira dapat dilakukan perubahan. Kerangka garis besar dapat diubah sesuai dengan keperluan, bersamaan dengan setiap proses mengkonstruksi tahapan pidato.

Kerangka garis besar tersebut dapat sangat detail atau umum. Pidato disusun ke dalam kerangka garis besar yang terdiri dari istilah kunci. Semakin detil kerangka garis besar yang anda buat maka akan semakin mempermudah untuk menguji tiap elemen pidato, baik dari segi kualitas maupun karakteristiknya. Sebaiknya kerangka garis besar tersebut dibuat secara detail dengan kalimat yang lengkap.

Mengkonstruksi kerangka garis besar pidato

Setelah anda melengkapi penelitian dan mempunyai perencanaan terorganisasi untuk pidato Anda, kemudian tuangkanlah kerangka garis besar tersebut di atas kertas, dengan mengikuti petunjuk berikut ini.

a. Awali kerangka garis besar dengan mengidentifikasi data
Identifikasi terlebih dahulu tujuan umum dan tujuan khusus sebagaimana thesis Anda.
Contohnya :
Tujuan umum : menginformasikan
Tujuan spesifik : menginformasikan tentang fungsi media massa
Tesis : media massa menyajikan empat fungsi utama

Hal di atas bukan bagian dari pidato yang disebutkan dalam presentasi Anda, tetapi sebatas menuntun Anda dalam menyiapkan pidato dan kerangka garis besar. Seperti tanda jalan untuk menjaga agar Anda tetap berada di jalur yang benar.

b. Kerangka garis besar meliputi pengantar, isi/tubuh, dan kesimpulan sebagai tiga unit yang terpisah
Setiap bagian walaupun ketiganya berhubungan, harus dipisahkan dan dibedakan satu sama lain. Ini tidak diucapkan pada audiens, tetapi menuntun Anda dalam melakukan persiapan pidato.

c. Sisipan transisi dan kesimpulan internal
Sisipan transisi diletakkan diantara pengantar dan isi pidato, antara isi dan simpulan, proposisi utama dalam tubuh pidato dan di mana pun bila diperlukan. Sisipkan simpulan internal, kapanpun jika perlu, untuk membantu audiens memahami dan mengingat ide anda.

d. Melampirkan daftra referensi
Dapat diletakkan di akhir kerangka atau halaman-halaman yang tersebar.

0 komentar:

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster